Program Posyandu Lansia Desa Pancur Jaya Ramai Diikuti Warga

Program Posyandu Lansia Desa Pancur Jaya Ramai Diikuti Warga


Website Resmi Desa Pancur Jaya,

Pancur jaya_ Pemerintahan desa pancur jaya menggelar kegiatan Pos Pelayanan Terpadu Lanjut Usia (Posyandu Lansia) yang di gelar di gedung informasi dan promosi desa pancur jaya, Kegiatan ini dihadiri oleh para anggota kader posyandu lansia yang dibantu oleh anggota Kuliah Kerja nyata  (Kukerta), bersama warga desa yang mengikuti  program ini, kamis sore(20-07-2017).

Masyarakat kita saat ini memandang para lanjut usia sebagai orang- orang yang kurang produktif, kurang menarik, kurang energik, mudah lupa, barangkali kurang bernilai dibandingkan dengan mereka yang masih dalam keadaan prima, untuk itu dalam pembangunan nasional pemerintah telah berhasil mewujudkan hasil yang positif diberbagai bidang, yaitu adanya kemajuan ekonomi, perbaikan lingkungan hidup, kemajuan ilmu peng etahuan dan teknologi, terutama di bidang medis atau ilmu kedokteran, sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan penduduk serta meningkatkan umur harapan hidup manusia. Akibatnya jumlah penduduk yang berusia lanjut meningkat dan bertambah cenderung lebih cepat atau sering disebut dengan Lansia Booming . Salah satu upaya Permerintah dalam menyediakan fasilitas kesehatan dan penyelenggaraan upaya kesehatan antara lain adalah dengan mengadakan Posyandu. Posyandu merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang diselenggarakan untuk dan oleh masyarakat dengan dukungan teknis dari petugas kesehatan dalam rangka pencapaian. Norma Kelurga Kecil Bahagia dan Sejahtera Posyandu juga merupakan fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat yang didirikan di desa-desa kecil yang tidak terjangkau oleh Rurnah Sakit atau klinik.

Enrawan,Sp Pj kepala desa pancur jaya saat ditemui di ruang kantor kerjanya  mengatakan “Posyandu lansia merupakan suatu fasilitas pelayanan kesehatan yang berada di desa-desa yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya bagi warga yang sudah berusia lanjut, dari itu kami harap para kader dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya para Lansia, dan semoga dengan dilaksanakan Posyandu Lansia ini dapat meningkatkan derajat kesehatan dan mutu pelayanan usia lanjut sebagai bagian proses deteksi dini dan peningkatan kesehatan serta pencegahan penyakit lansia agar mencapai masa tua yang bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sesuai dengan keberadaannya dalam strata kemasyarakatan”, ujar enrawan.

“Selain itu, tambah pj kades  “dengan berjalannya Posyandu lansia ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pada usia lanjut untuk membina kesehatan diri sendiri,  meningkatkan kemampuan dan peran serta masyarakat dalam menyadari dan menghayati kesehatan usia lanjut secara optimal,  dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan usia lanjut. (Teddy.ST)

 


Komentar Pembaca

Tulis Komentar