Pemerintah Desa Pancur Jaya Gelar Sosialisasi Measles Rubella ( MR )

Pemerintah Desa Pancur Jaya Gelar Sosialisasi Measles Rubella ( MR )

Sosialisasi Measles Rubella (MR) di Balai Desa Pancur Jaya, (02/08/2018).


Website Resmi Desa Pancur Jaya, Sosialisasi Measles Rubella (MR) dilaksanakan dibalai pertemuan kantor desa pancur jaya, Kamis (02/08/2018) Pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Hasan Basri,ST Kepala desa pancur jaya, dr. Nelya Sasmia Kepala UPT Puskesmas Teluk Lecah, dr. Indra Kurniawan sebagai nara sumber, Pendamping desa, perangkat desa, lembaga desa, ibu-ibu PKK, Ibu-ibu Lansia, Serta masyarakat desa pancur jaya.

Sosialisasi Campak dan Rubella di koodonator oleh dr.Nelya Sasmita Kepala UPT Puskesmas Teluk Lecah yang sekaligus merupakan Ketua Umum TP PKK Desa pancur jaya sebagai pembawa acara berlangsung sukses.

Peduli dengan kesehatan warganya, Hasan Basri, ST dalam pembukaannya menuturkan “ Program Sosialisasi Measles Rubella (MR) yang dilaksanakan ini merupakan suatu tindakan pencegahan penyakit campak Rubella yang patut kita awasi dan kita cegah “. Ucapnya

“ Mencegah lebih baik dari mengobati, melaksanakan imunisasi campak Rubella merupakan suatu upaya pemerintah demi terwujudnya indonesia sehat 2020. Ujar Kades.

dr. Indra Kurniawan Selaku nara sumber dalam penjelasan mengucapkan “Ribuan terima kasih kepada pemerintah desa pancur jaya yang telah menfasilitasi program ini dan memberikan apresiasi dalam sosialisai ini, Program Sosialisasi Campak dan Rubella dilaksanakan diseluruh indonesia khusnya diluar pulau jawa, Sosialisasi Campak dan Rubella tidak akan berjalan tanpa ada dukungan dari pemerintah daerah, perangkat desa, dan orang tua Ucapnya..

dr. Indra Kurniawan dalam uraiannya menuturkan “Rubella atau campak Jerman adalah penyakit menular yang disebabkan virus rubella. Gejala rubella yang paling utama adalah ruam merah berbentuk bintik-bintik. Rubella sering terjadi pada anak yang belum mendapat vaksin campak, gondok, dan rubella”. Ungkapnya.

“Rubella berbeda dengan cacar air walaupun dua penyakit ini sama-sama menyebabkan ruam merah. Rubella disebabkan virus yang berbeda dengan cacar air, dan rubella tidak terlalu menular dan serius seperti cacar air”. Ucap dr. Indra Kurniawan.

“Gejala rubella atau campak Jerman yang utama lainnya adalah pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar telinga dan belakang kepala, badan panas hingga bersuhu 38 derajat Celcius atau lebih, dan badan menggigil. Gejala yang kurang umum lainnya pada orang dewasa adalah arthritis dan arthralgia—peradangan dan nyeri sendi”. Jelasnya.

“Beberapa wanita hamil akan memiliki kekebalan terhadap campak rubella, baik dari yang telah memiliki penyakit di masa lalu atau dari yang divaksinasi. Namun, jika seorang wanita hamil yang tidak memiliki kekebalan terhadap virus rubella, dia bisa menularkannya kepada anaknya yang belum lahir”. Tambahnya

Campak dan Rubella sangat menular dapat menyebabkan cacat dan kematian, dari itu kami minta dukungan kepada seluruh warga masyarakat untuk membawa anak-anak mereka ke pos IMUNISASI MR nanti mulai dari bulan agustus sampai dengan september 2018. Ucap dr.indra.

Semoga dengan dilaksanakan sosialisasi ini akan masukan kepada seluruh warga dan ikut serta dalam memberikan upaya kita sebagai orang tua akan peduli dengan kesehatan anak dan istri hamil.

 

(  Teddy, St )


Komentar Pembaca

Tulis Komentar