Desa Pancur Jaya Gelar Tradisi Bele Kampung Dengan Doa Bersama

Desa Pancur Jaya Gelar Tradisi Bele Kampung Dengan Doa Bersama

Acara Tradisi Bele Kampung di Desa Pancur Jaya Tahun 2018


Website Resmi Desa Pancur Jaya,  Warga Desa pancur jaya gelar acara bele kampung (Pemeliharaan Kampung) dengan doa bersama, di kantor desa pancur jaya kecamatan rupat kabupaten bengkalis, Kamis (30/08/2018) Siang.

Tampak hadir dalam acara ini Bapak Babhinsa Wondo Susilo, Kantibmas Indra Syah, Bapak Ahmad Jarkoni sebagai sesepuh desa, Bapak Aulady, imam masjid nurul huda Abdul Munir, Ketua BPD dan Anggota, Kepala sekolah SDN 15 Bapak Ihsan, Perangkat desa, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, serta para warga desa pancur jaya.

Hasan Basri kepala desa pancur jaya dalam sambutannya mengungkapkan “Acara bele kampung merupakan suatu adat turun temurun yang kita lakukan setiap 3 tahun sekali di desa kita ini, Tujuan diadakan tradisi bele kampung ini adalah untuk meminta perlindungan di jauhkan dari penyakit, marabahaya dan segala hal yang mengganggu ketenangan masyarakat”. Ucap Kades.

" Jika di tempat lain, Biasanya acara Bele Kampung dibuat selama 3 hari, tapi untuk di sini Acara ini hanya dibuat satu hari saja, dan segala sesuatunya kita serahkan kepada allah SWT", tambah  Hasan Basri.

Pembacaan doa dipimpin oleh Bapak Ahmad Jarkoni dari desa pkl.nyirih, beliau merupakan sosok sesepuh yang paling disegani dan senantiasa ada untuk membantu warga.

Usai berdoa, Seluruh warga dijamu dan makan bersama,  ada yang di dalam ruangan aula kantor desa, dan ada juga yang diluar kantor ditempat yang telah disediakan oleh panitia pelaksana sebelumnya.

 Suasana berlangsung harmonis, perbedaan agama tidak menjadi pokok permasalahan di desa pancur jaya ini, menjalin hubungan antar umat beragama merupakan suatu hubungan yang telah berlangsung erat disini sejak nenek moyang dulu.

Setelah selesainya acara, Ketua RT setempat membagikan Air dan Kemenyan yang telah dipaketkan sebelumnya kepada seluruh warga desa untuk dipergunakan seperti biasanya.

Semoga Kita semua selalu dalam lindungan tuhan yang maha kuasa, dan keharmonisan disini akan senantiasa terjaga. Amin.

 

( Teddy,ST )


Komentar Pembaca

Tulis Komentar