Pemerintah Desa Pancur Jaya Gelar Sosialisasi Pamsimas

Pemerintah Desa Pancur Jaya Gelar Sosialisasi Pamsimas

Sosialisasi Pamsimas di Balai Pertemuan Desa Pancur Jaya, Senin (17/09/2018) Pagi.


Website Resmi Desa Pancur Jaya, Penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat atau biasa dikenal dengan sebutan PAMSIMAS, diharapkan mampu terlaksana di Desa Pancur Jaya, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Senin (17/9/18) Pemerintah Desa Pancur Jaya bersama Nara sumber Doni Satrio, Co,Dc Wakil Koordinator Pamsimas ROMS - 4  Kabupaten Bengkalis dan Angga Geavano Putra, S.Kom Fm-Cd pendamping/fasilitator Pamsimas Kecamatan Rupat dan Rupat Utara  mengadakan sosialisasi yang berlangsung di Balai Pertemuan Desa Pancur Jaya. Acara ini diikuti oleh unsur pemerintah desa, Sekdes, BPD, RT/RW, Pendamping Desa, dan Masyarakat desa Pancur Jaya.

Dalam pelaksanaan Pamsimas ini di bentuk 2 kelompok,Yaitu Kelompok Keswadayaan Masyarakat ( KKM ) yang terdiri :

NO

NAMA

JABATAN

1

HERMAN

KETUA KKM

2

JUSTIA

ANGGOTA

3

HARYANTI

ANGGOTA

4

ARSYANTO

ANGGOTA

5

M . YAMIN

ANGGOTA

 

Dan Satuan Pelaksana (SATLAK) yaitu :

NO

NAMA

JABATAN

1

HAZWAN ANAS

KETUA SATLAK

2

DEWI KARTINI

BENDAHARA

3

HAFIS

BIDANG UP TEKNIS

4

YANTI SOFIA DEBORA

BIDANG KESEHATAN

5

YUNUS ARBI

BIDANG PENGADUAN

 

Doni Satrio, Co,Dc Wakil Koordinator Pamsimas ROMS - 4 Kabupaten Bengkalis Menuturkan “Untuk ditahun 2018 ini terdapat 5 desa yang mendapat bantuan Pamsimas yang bersumber dari APBD Kabupaten bengkalis, yaitu : Desa Pancur Jaya, Hutan Ayu, Suka Damai, Kadur dan Pkl. Pinang”.

Dalam Pelaksanaaan PAMSIMAS ini Pemerintah Pusat Hanya memberikan batuan sebesar 80% sementara untuk 16 % diambil dari swadaya masyarakat dalam bentuk kerja bhakti bersama maupun bantuan material, sedangkan yang 4 % lagi di ambil dari in-cash (Sumbangan Dana), Tutur Doni Satrio, Co,Dc”.

Kades Pancur jaya, Hasan Basri,ST, dalam kesempatannya mengatakan air bersih dialirkan melalui pipa dan di tempatkan di Dusun I yang berlokasi di depan sekolah MDA Pancur Jaya, Lokasi ini di pilih memang sudah ketentuan yang telah ditetapkan sebelum saya menjabat disini, selain itu lokasi ini juga memiliki potensi mata air bersih dan besar yang dapat menampung beberapa kubik air yang dapat digunakan oleh masyarakat dusun I desa pancur jaya”. ucap Hasan Basri.

Pancur Jaya memiliki 2 titik dusun yang memiliki kualitas air yang kurang bagus, yaitu dusun 1 dan Dusun 4, Semoga ditahap lanjut di dusun 4 juga bisa segera terelisasi.

” Kami berharap peroses yang terselenggara nantinya atas kerjasama masyarakat dan perencanaan pembangunan ini dapat di percepat dan berjalan dengan lancar dan semoga  Bantuan Pamsimas untuk desa pancur jaya ini nantinya bisa berbentuk Reverse Osmosis (RO) Agar masyarakat kami bisa benar-benar menikmati air bersih, sehat dan higenis”. Pungkas Kades Pancur Jaya.

 

-   ( Teddy, St  )


Komentar Pembaca

Tulis Komentar