PEMDES PANCUR JAYA SERAHKAN 360 SERTIPIKAT GRATIS PTSL 2018

PEMDES PANCUR JAYA SERAHKAN 360 SERTIPIKAT GRATIS PTSL 2018

Penyerahan Sertipikat PTSL 2018 Oleh Kepala Desa Pancur Jaya Kepada Masyarakat. (05/08/2019)


Website Resmi Desa Pancur Jaya, Digelar dibalai pertemuan desa pancur jaya kecamatan rupat kabupaten bengkalis provinsi riau, Hasan Basri,ST kepala desa pancur jaya menyerahkan sebanyak 360 sertipikat gratis kepada masyarakat. Senin (05/08/2019) Pagi.

Acara dihadiri oleh Kepala desa pancur jaya Hasan Basri,ST, Sekretaris Desa, Perangkat desa, Ketua RT/RW, Mulyadi Ketua Tim Pelaksana Pengurusan Sertipikat desa pancur jaya,  Desfrizul,S.H, M.H Ketua Ajudikasi TIM III PTSL Tahun 2018, Masyarakat desa pancur jaya dan masyarakat dari desa tetangga yang memiliki tanah di wilayah desa yang mengurus sertipikat.

Desfrizul,S.H, M.H Selaku Ketua Ajudikasi TIM III PTSL Kantor Pertanahan Kabupaten Bengkalis dalam sambutannya mengatakan, Terima kasih atas partisipasi masyarakat disini atas kamauannya dalam mengurus sertipikat, Dalam pengurusan Sertipikat membutuhkan partisipasi masyarakat dan perangkat desa agar Program Sertipikat ini berjalan sukses.

Desa pancur jaya merupakan satu-satunya desa yang baru selesai dalam pengambilan sertipikat PTSL 2018 di yang sudah melengkapi semua persyaratan sampai Validasi di Dispenda jadi sangat beruntung bagi bapak/ibu yang sudah memiliki sertipikat ini.ucap Desfrizul.

Di tempat yang sama, “Hasan Basri dalam kesempatannya mengatakan, Sertipikat yang diserahkan merupakan program tahun 2018 yang telah selesai pengurusannya dan diserahkan ditahun 2019 ini, Sertipikat yang akan kita serahkan ini program bapak presiden kita Joko Widodo, karena itu biaya pembuatan adalah gratis, dan penyerahan sertipikat ini merupakan kali yang kedua karena di tahun sebelumnya sebanyak 164 sertipikat telah kita serahkan di tahun 2018 kemaren.

Sedangkan Biaya pengurusan berdasarkan SKB 3 Menteri yakni Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional, Menteri Dalam Negeri, Menteri Desa, Pembangunan Daerah dan Transmigrasi Sesuai Dengan No : 25/SKB/V/2017, NO: 590-3167A Tahun 2017, No: 34 Tahun 2017 Tentang Pembiayaan persiapan pendaftaran tanah sistematis,  untuk Provinsi Riau Paling Tinggi Sebesar Rp.200.000 untuk administrasi  pengurusan sertipikat program pendaftaran tanah sistematis (PTSL) tahun anggaran 2018 di desa pancur jaya merupakan yang paling murah, karena masyarakat hanya dikenakan biaya seratus ribu rupiah saja dan biaya pembelian materai lima puluh ribu rupiah, sedangkan biaya untuk pengurusan surat dasar sebagai salah satu syarat dalam pengurusan sertipikat yang di buat di kantor desa pancur jaya itu adalah gratis. Bahkan jika ada oknum perangkat desa yang meminta biaya pembuatan surat dasar silahkan laporkan langsung kepada saya. Tegasnya.

Pengisian form permohonan PBHTB untuk palidasi sertipikat merupakan hal yang sangat rumit dan memakan waktu yang agak lumayan lama,  karena data yang diisi harus valid, selain itu kita juga harus melengkapi persyaratan seperti fotocopy surat tanah, KTP, KK, fotocopy lampiran SPPT PBB dan bukti lunas pajak, sehingga anggota saya harus bolak balik dan ekstra lembur demi menyiapkan sertifikat bapak/ibu yang sudah di palidasi bukti lunas di sertifikatnya. Jelas kades.

Beliau juga meminta kepada warganya untuk taat dan patuh dalam pembayaran pajak disetiap satu tahun sekali, karena hasil pajak yang kita keluarkan itu nantinya akan kembali kepada desa guna meningkatkan pembangunan dan swadaya masyarakat.Tambahnya.

Acara berjalan kondusif, dengan di akhiri foto bersama, penyerahan sertifikat PTSL 2018 yang diserahkan oleh kades kepada masyarakat pemilik sah sertfikat tanah.

-          (Teddy,St)


Komentar Pembaca

Tulis Komentar