Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT ) Di Desa Pancur Kecamatan Rupat Mulai Di Laksanakan

Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT ) Di Desa Pancur Kecamatan Rupat Mulai Di Laksanakan

Pengambilan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Melalui Agen 46 Kedai Ayu Mandiri Jl. Abdul Rahman I RT.03 Desa Pancur Jaya Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. (03/10/2019).


Website Resmi Desa Pancur Jaya, Sebagaimana arahan Presiden Republik Indonesia pada rapat terbatas tentang Program Raskin pada Juli 2016, penyaluran Raskin diganti dengan menggunakan kartu elektronik yang akan diberikan langsung kepada rumah tangga sasaran, sehingga bantuan sosial dan subsidi akan disalurkan secara non tunai dengan menggunakan sistem perbankan. Sistem baru penyaluran bantuan pangan ini diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai. Bantuan sosial non tunai diberikan dalam rangka program penanggulangan kemiskinan yang meliputi perlindungan sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, rehabilitasi sosial, dan pelayanan dasar. Program ini juga diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk menjangkau layanan keuangan formal di perbankan, sehingga mempercepat program keuangan inklusif. Penyaluran bantuan sosial secara non tunai kepada masyarakat dinilai lebih efisien, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas, serta tepat administrasi. Kartu elektronik yang dimaksud dapat digunakan untuk memperoleh beras, telur, dan bahan pokok lainnya di pasar, warung, toko sesuai harga yang berlaku sehingga rakyat juga memperoleh nutrisi yang lebih seimbang, tidak hanya karbohidrat, tetapi juga protein, seperti telur. Selain itu, penyaluran bantuan sosial non tunai juga dapat membiasakan masyarakat untuk menabung karena pencairan dana bantuan dapat mereka atur sendiri sesuai kebutuhan. Untuk menyalurkan bantuan sosial non tunai ini, diawali dengan pendaftaran peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dilakukan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Dari situ, calon KPM akan mendapat surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan. Data yang telah diisi oleh calon penerima program ini lalu diproses secara paralel dan sinergis oleh bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), kantor kelurahan dan kantor walikota/ kabupaten. Setelah verifikasi data selesai, penerima bantuan sosial akan dibukakan rekening di bank dan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang berfungsi sebagai kartu non tunai untuk pengambilan bantuan pangan. Penerima bantuan sosial yang telah memiliki KKS dapat langsung datang ke e-warong (Elektronik Warung Gotong Royong) terdekat untuk melakukan transaksi pembelian bahan pangan menggunakan KKS. E-warong adalah agen bank, pedagang atau pihak lain yang telah bekerja sama dengan bank penyalur dan ditentukan sebagai tempat pencairan/penukaran/pembelian bahan pangan oleh KPM, yaitu pasar tradisional, warung, toko kelontong, warung desa, Rumah Pangan Kita (RPK), agen bank yang menjual bahan pangan, atau usaha eceran lainnya. KPM dapat membeli bahan pangan sesuai kebutuhan pada e-warong yang memiliki tanda lokasi penyaluran bantuan sosial non tunai. Transaksi dilakukan secara non tunai mengacu pada jumlah saldo yang tersimpan pada chip KKS. Lewat sistem yang terhubung dengan perbankan ini, penyalur bantuan akan mendapatkan laporan rinci seputar jumlah dana yang telah disalurkan, jumlah dana yang ditarik oleh penerima, jumlah dana yang tersisa dan berapa orang penerima yang belum menarik bantuan pangannya.

Penyaluran bantuan pangan secara non tunai lewat BPNT mengacu pada 4 (empat) prinsip umum, yaitu:

1.         Mudah dijangkau dan digunakan oleh KPM.

2.         Memberikan lebih banyak pilihan dan kendali kepada KPM dalam memanfaatkan bantuan, kapan dan berapa banyak bahan pangan              yang dibutuhkan. Juga termasuk kebebasan memilih jenis dan kualitas bahan pangan berdasarkan preferensi yang telah ditetapkan                dalam program ini.

3.         Mendorong usaha eceran rakyat untuk memperoleh pelanggan dan peningkatan penghasilan dengan melayani KPM.

4.         Memberikan akses jasa keuangan kepada usaha eceran rakyat dan KPM.

Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari BPNT, yaitu:

1.         Meningkatnya ketahanan pangan di tingkat keluarga penerima manfaat, sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan 

            penanggulangan kemiskinan.

2.         Meningkatnya transaksi non tunai sesuai dengan program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang digagas oleh Bank Indonesia.

3.         Meningkatnya akses masyarakat terhadap layanan keuangan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan ekonomi yang sejalan                    dengan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).

4.         Meningkatnya efisiensi penyaluran bantuan sosial.

5.         Meningkatnya pertumbuhan ekonomi di daerah, terutama usaha mikro dan kecil di bidang perdagangan.

Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kini sudah mulai dilaksanakan diseluruh wilayah Indonesia, hal ni tampak seperti di wilayah Desa Pancur Jaya Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis, yang berlokasi di Jl.Abdul Rahman I RT 03,  yang pada hari ini sudah mulai melakukan penyaluran BPNT kepada 164 penerima bantuan. Kamis (03/10/2019) Pagi.

Selain Satgas Pancur Jaya, Penyaluran BPNT di wilayah desa pancur jaya juga turut dihadiri oleh Tim Koordinasi Sosial Kecamatan AHMAD TARMUDI, Pendamping PKH WAINI,SPdi, dan Bhabin Kantibmas Pancur Jaya dan Parit Kebumen Briptu Rio Asmar.

Bantuan BPNT ini akan terus didapatkan setiap bulan, adapun jenis belanja yang diambil oleh masyarakat adalah Beras 1 kampit dengan berat 5 Kg dan telur sebanyak 33 biji, melalui Agen 46 Kedai Ayu Mandiri Desa Pancur Jaya yang telah resmi di tunjuk sebagai Agen penyedia.

Sementara bagi masyarakat yang belum terdaftar mendapatkan bantuan BPNT ini, akan di daftar  dan diusulkan kembali.

Semoga melalui program ini, ekonomi masyarakat kurang mampu di Indonesia khususnya di wilayah desa pancur jaya bisa terbantu.

# Teddy,St


Komentar Pembaca

Tulis Komentar