Kelompok UP2K "Tampui" Desa Pancur Jaya Sukses Pasarkan Produk Unggulan Desa

Kelompok UP2K "Tampui" Desa Pancur Jaya Sukses Pasarkan Produk Unggulan Desa


Website Resmi Desa Pancur Jaya, PKK harus ikut ambil peran dalam meningkatkan perekonomian keluarga, di antaranya, melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Salah satunya, dapat memanfaatkan modal usaha dari kelompok kusus/poksus UP2K.

Demikian disampaikan Ketua TP PKK Desa Pancur Jaya kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau,dr. Nelya Sasmita saat ditemui dikediamannya ,bersama anggota kelompok UP2K Tampui yang sedang melakukan pengolahan produk unggulan desa yakni salah satunya olahan Asam Paya. Jumat (08/11/2019).

“Produk yang dihasilkan tersebut sudah dipasarkan keluar lingkungan kelompok dan sudah ada pemesanannya juga dari luar desa bahkan kabupaten”, tambahnya.

Dengan menggunakan bahan dasar Buah asam paya yang di beli langsung dari masyarakat setempat maupun dari desa luar, pemanfaatan buah asam paya, kini mulai diminati waraga dan pembeli. Selain mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan, olahan Asam Paya yang di olah oleh kelompok Tampui Up2k pancur jaya dengan berbagai olahan diantaranya Asinan Asam Paya, Bon Bon Nano nano Asam Paya, Syirup Asap Paya, Bahkan  Minuman Asam Paya dengan cita rasa rasa yang sangat enak.  

 

Ketua TP PKK Pancur Jaya dr. Nelya Sasmita menjelaskan,“ Kegiatan UP2K ini diharapkan dapat menjadi salah satu pendorong program untuk membina dan mengembangkan kegiatan usaha keluarga yang dapat meningkatkan sumber pendapatan ekonomi".

"Yang Menjadi salah satu harapan kami adalah Tempat pengolahan. Kami berharap semoga pemerintah kabupaten bengkalis maupun donatur dapat memberikan bantuan  pembangunan sebagai tempat kami menjalankan pengolahan produk2 unggulan desa bersama kelompok UP2K desa pancur jaya", Tambahnya.

Hasan Basril,ST Kepala desa pancur jaya bersama anggota dari PT Sumatra Riang Lestrai yang ikut meninjau kegiatan up2k mengatakan, "Dalam kesempatan ini ia berharap agar kepada seluruh PKK di Desa pancur jaya agar lebih aktif lagi, bahwa PKK harus ikut ambil peran peningkatan perekonomian. Di antaranya melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dengan memanfaatkan modal usaha sebagai sarana untuk memudahkan kegiatan usaha ekonomi produktif dan pengembangan tenaga terampil serta Memperkuat kelompok-kelompok PKK dalam mengelola dan menumbuh-kembangkan usaha ekonomi untuk meningkatkan pendapatan keluarga,” Paparnya.

 

# Teddy, St


Komentar Pembaca

Tulis Komentar