Perayaan HUT Desa Pancur Jaya Ke 6 Tahun, Terkesan Istimewa

Perayaan HUT Desa Pancur Jaya Ke 6 Tahun, Terkesan Istimewa


Website Resmi Desa Pancur Jaya, Kemeriahan perayaan Hari ulang tahun  Desa Pancur Jaya Ke-6 di tahun 2019 ini benar-benar dirasakan oleh setiap masyarakat desa pancur jaya, mulai dari Lansia, pemuda-pemudi serta seluruh anak-anak. Sabtu (28/12/2019) pagi.

Perayaan Hut desa pancur jaya diawali dengan jalan santai bersama, kegiatan ini resmi dilakukan pelepasan oleh Hasan Basri,ST kepala desa pancur jaya yang didampingi oleh Nelya Sasmita Ketua Umum TP PKK Pancur jaya, Bersama Bhabinkantibmas Pancur jaya Rio Asmar dan Ketua BPD M.Nurzan tepat pada pukul 07.30 Wib.

Peserta jalan santai ini diikuti seluruh element masyarakat yang terdiri dari ratusan warga, mulai dari balita dengan didampingi orang tuanya, anak-anak, remaja bahkan lansia.

Jalan Santai ini diikuti langsung oleh Kades Hasan Basri, Pelepasan diawali dari depan kantor desa pancur jaya, Yang mana setiap peserta membawa kupon undian, kupon ini nantinya akan di cap oleh panitia yang telah menunggu di ujung tepatnya di perbatasan antara desa pancur jaya dengan desa Pkl.nyirih sebagai bukti sah telah mengikuti peserta jalan santai.

Bertempat di lapangan olah raga desa, seluruh peserta kembali berkumpul bersama untuk menyaksikan berbagai kegiatan acara persembahan sambil menunggu pencabutan no undian berhadiah.

Pemerintah desa pancur jaya dalam perayaan HUT desa Ke 6 kali ini terkesan Istimewa, karena selain jumlah peserta yang mengikuti jalan santai bersama ini lebih ramai dari sebelumnya, kini untuk pertama kalinya perayaan HUT desa pancur jaya dihadiri langsung oleh Camat Rupat Kharunazri Bersama Ketua TP PKK kecamatan Rupat Karmila dan beberapa staf dari kecamatan rupat.

Supianto selaku ketua pelaksana HUT desa pancur jaya ke 6 menjelaskan “ Acara HUT desa pancur jaya kita ini merupakan salah satu perayaan rutinitas tahunan, kami atas nama panitia HUT desa pancur jaya ke 6 mengucapkan ribuan terima kasih atas sumbangan dan bantuan yang telah diberikan dari warga kepada pihak desa, adapun total biaya pengeluaran dalam perayaan ini adalah sebesar Rp. 22.140.000 (Beserta rinciannya) sedangkan jumlah pemasukan untuk perayaan ini bersumber dari  Anggaran Dana Desa (ADD) tahap IV dengan jumlah total dipotong pajak sebesar Rp.9.000.000 sedangkan sisanya didapat dari sumbangan donatur  pengusaha walet, pengusaha kedai, kepala desa, perangkat desa,serta dari donator-donator lainnya”. Jelas Ketua Pelaksana.

Hasan Basri,ST dalam kesempatannya mengatakan “ Kami atas nama pemerintah desa pancur jaya memberikan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras dalam persiapan ini, serta memberikan ucapan ribuan terima kasih kepada smua pengusaha dan donatur yang telah memberikan sumbangannya dengan suka rela demi terlaksananya Perayaan Hut Desa kita".

Kades menjelaskan, "Jumlah anggaran yang kita berikan untuk ulang tahun desa ini jumlahnya sangat minim, hal ini dikarenakan ADD kita ditahun 2019 ini menurun. Tetapi insya allah ditahun depan akan kita tambahkan lagi dengan mengurangi sedikit kegiatan desa, ucapnya.

Acara dilanjut dengan doa bersama serta pemotongan Tumpeng, sebagai tanda terlaksananya perayaan HUT desa pancur jaya ke-6, Acara pemotongan ini dilakukan secara bersama-sama oleh Kepala desa, Ketua TP PKK Pancur jaya, Camat Rupat serta Ketua TP PKK Kecamatan rupat,  Acara ini membuat suasana terkesan haru, Keakraban dan kehangatan semakin terasa apalagi dikelilingi bersama masyarakat.

Di acara pencabutan undian jalan santai dan pencabutan undian Gerakan Sabtu bersih (Gesasih) pertama kalinya dilakukan oleh Camat rupat dengan didampingi istrinya Karmila, dalam sambutannya mengatakan “ Kegiatan yang dilaksanakan ini sangat saya suka dan dukung sekali, apalagi kegiatan yang melibatkan anak-anak, Karena kita  diberikan kesempatan mengajak mereka untuk paham ada hal-hal positif selain narkoba, itu sangat-sangat penting”, ucapnya,

“Terkait dengan perayaan HUT Desa Pancur jaya ke-6 Kami dari pemerintah kecamatan Rupat mengucapkan selamat dan sangat berbangga hati, karena selama 4 bulan saya disini baru satu kali lini saya di undang dalam perayaan ulang tahun desa, dan Alhamdulillah  dengan kekompakan masyarakat dari segala suku, agama, dan budaya saling memahami, saling bertoleransi, saling menjaga dan yang paling kita banggakan bersyukurlah bapak-bapak masyarakat semua memiliki pemimpin seperti pak kades yang bernama Hasan Basri, Orang yang paling aktif menjaga masyarakat dengan segala item-item kegiatannya” pungkas Camat..

Pencabutan undian diawali dengan cabutan undian Gerakan Sabtu Bersih (Gesasih), untuk diketahui bersama kegiatan rutinitas setiap sabtu bersih bersama ini merupakan kegiatan yang di cetus pertama kali oleh Ketua TP PKK Pancur jaya dr.Nelya Sasmita di kecamatan rupat, pada seksi acara pencabutan undian ini untuk penilaian anggota yang mengikuti lomba sabtu bersih, di ambil dari data Ketua RT setempat.

Penyerahan hadiah pertama diserahkan langsung oleh camat rupat bersama istri dan dilanjutkan dengan pencabutan undian untuk peserta jalan santai,yang dilakukan dan diserahkan langsung oleh kepala desa pancur jaya.

Pencabutan dan penyerahan hadiah ini dilakukan secara bergilir oleh, Ketua TP PKK, Donatur, Ketua BPD, Sekretaris desa, Kepala Dusun, dan Ketua Panitia.

Acara berlangsung meriah, masyarakat terkesan menantikan undiannya sambil dihiburkan dengan acara selingan tarian dan persembahan dari siswa SDS A.Yani, Tarian  persembahan dari anak-anak Vihara Maitreya , persembahan tarian dari ibu-ibu lansia dan Persembahan Kompang dari kumpulan ibu-ibu Grup Rebana pancur jaya.

 

 # (Teddy,St)

 

 


0 Komentar

Tulis Komentar