Pemasangan Plakat Khusus Rumah Tangga Miskin ( RTM ) Desa Pancur Jaya Kini Mulai Terpasang

Pemasangan Plakat Khusus Rumah Tangga Miskin ( RTM ) Desa Pancur Jaya Kini Mulai Terpasang


Website Resmi Desa Pancur Jaya, Pemasangan Plakat / stiker untuk Rumah Tangga Miskin ( RTM ) Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Rastra PKH dan Non-PKH desa pancur jaya kini sudah mulai terpasang disetiap Rumah Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Program Keluarga Harapan (KPM PKH) dan Keluarga Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahun 2019.

Sebanyak 153 rumah penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) sudah sudah dikunjungi, Pemasangan plakat / stiker dilakukan langsung oleh Satgas Desa Pancur Jaya, Marwan, bersama Pendamping PKH Kecamatan Rupat Waini,Spdi, dalam Pemasangan Stiker RTM ini juga turut dihadiri Mulia Asih( Sekretaris Desa ), Juliana ( Kasi Pemerintahan) dan dibantu oleh M.  Arzi ( Agen 46 ) Desa Pancur Jaya.

Sebelum dipasang, setiap warga Keluarga Penerima Bantuan yang akan dipasang diberikan penjelasan oleh Satgas dan Pendamping PKH Desa tentang Sanksi bagi KPM yang merasa keberatan untuk Pemasangan Stiker RTM ini, Stiker tersebut tidak boleh dibuka/dicabut, ditutup, atau dirusak. Jika diketahui stiker tersebut sengaja dirusak maka akan diberikan sanksi dari dinas sosial bisa berbentuk Pemblokiran Kartunya sebagai penerima bantuan, selain itu warga penerima bantuan juga diberikan surat pernyataan kesanggupannya untuk ditandatangani sebelum dipasang.

Pemasangan plakat / stiker  khusus keluarga miskin untuk desa pancur jaya sudah mulai dipasang pada hari Senin kemaren (30/12/2019). Mulia Asih selaku sekretaris desa yang ikut berpartisipasi dalam mengikuti pemasangan plakat antar rumah sedesa pancur jaya mengatakan, “Rumah warga miskin yang dipasang stiker ini, merupakan warga penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan warga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)".

"Tujuan pemasangan Plakat / stiker khusus tanda RTM pada rumah-rumah warga penerima PKH dan Rastra sebagai bentuk ketransparanan penyaluran program sosial dari pemerintah". Ucap sekdes.

Marwan Ketua satgas pancur jaya menjelaskan, “Keluarga miskin penerima PKH dan BPNT tersebut, merupakan hasil pendataan yang memang sudah dimasukkan dalam data base Dinas Sosial. Dijelaskannya, selama tiga bulan sekali, Dinas Sosial melakukan pendataan ulang dan melakukan revisi. Dan Menurut Data KPM BPNT PKH dan Non-PKH yang kami terima dari Dinsos KPM BPNT PKH dan Non-PKH Sebanyak 164 KPM, sesuai dengan Daftar Realisasi Penyaluran BPNT yang kami terima saat ini baru 153 KPM yang tersalurkan dan masih tersisa 11 KPM yang belum tersalurkan Hal ini dikarenakan beberapa factor diantaranya,  KPM Meninggal,  KPM Pindah Domisili Dan KPM yang belum memiliki ATM BPNT. 

“Tiga bulan sekali kita lakukan pendataan ulang dan revisi. Untuk mengetahui apakah ada perubahan data atau tidak.Jika ada perubahan, baik penambahan dan pengurangan, langsung kita sampaikan ke TKSK Kecamatan untuk diproses kembali di Dinsos Kabupaten Dan Dinsos Pusat,” jelasnya.

Waini,S.Pdi selaku Pendamping desa pancur jaya PKH kecamatan rupat, mengatakan “Upaya pemasangan stiker keluarga miskin Menurutnya, dengan pemasangan stiker tersebut  pendataan warga miskin semakin sempurna, dan pendistribusian program kemiskinan akan lebih tepat sasaran, Karena seluruh warga miskin akan masuk ke dalam database.

 Program pemasangan stiker ini berlangsung kondusif  dan terpantau dari awal hingga selesai. (03/01/2019).

#Teddy,St

 

 


0 Komentar

Tulis Komentar