RELAWAN DESA LAWAN COVID-19 DESA PANCUR JAYA SIKAPI SERIUS PENYEBARAN VIRUS CORONA

RELAWAN DESA LAWAN COVID-19 DESA PANCUR JAYA SIKAPI SERIUS PENYEBARAN VIRUS CORONA

(Sosialisasi dan Cek Kesehatan kepada ODP warga sungai raya, oleh Petugas Kesehatan dan Relawan Desa Lawan Covid-19 dengan di dampingi mitra Bhabin Kamtibmas pancur jaya). 20/04/2020


Website Resmi Desa Pancur Jaya, Relawan desa lawan Covid-19 bersama mitra Bhabin Kamtibmas desa pancur jaya Bripka Rio Asmar dan Tim Kesehatan, lakukan control lapangan ke rumah setiap warga desa yang terdata sebagai ODP. Senin (20/04/2020) Sore.

Semua warga tempatan maupun pendatang yang baru datang dari wilayah zona merah seperti Pekan baru, Bandung, Jakarta, Dumai, dan Bengkalis tanpa kecuali di sigapi langsung oleh relawan desa Pancur Jaya.

Adapun langkah dari Tujuan kegiatan ini yakni melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah desa pancur jaya, pencegahan dilakukan kepada setiap masyarakat yang terdata sebagai ODP dengan mengecek suhu tubuh, memberikan saran untuk tetap di rumah, menjaga jarak minimal 1 m bersama anggota keluarga dan wajib menggunakan masker saat terhubung bersama orang lain terhitung selama 14 hari.

“Upaya pencegahan yang dilakukan ini merupakan suatu cara agar kita semua punya rasa tanggung jawab terhadap kesehatan diri maupun kesehatan orang lain, Pandemi Virus Corona yang pada saat ini telah mulai tersebar di seluruh wilayah riau hal ini patut kita tanggapi dengan serius dan di cegah sebisa mungkin, untuk itulah kita harus sadar, ikuti peraturan dan anjuran pemerintah.Jaga kesehatan dan kebersihan, kurangi aktivitas di luar rumah, lakukan social distancing dan hindari keramaian atau kerumunan", Ucap Petrus Ketua relawan Desa lawan Covid-19 desa pancur jaya saat memberikan informasi kepada masyarakat.

Bhabin Kamtibmas pancur jaya juga menjelaskan kepada awak media, “Relawan Desa Tanggap Covid-19 merupakan garda depan pencegahan dan penanganan pandemi virus corona di wilayah desa bahkan di seluruh Indonesia. protokol Desa Tanggap Covid-19 yang pertama adalah membentuk relawan. Karena mereka yang bekerja, berkoordinasi, melakukan pencegahan sekaligus penanganan,

“Relawan Desa Tanggap Covid-19 diketuai oleh kepala desa, dengan wakil dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta anggota dari BPD, ketua RW, ketua RT, tokoh-tokoh masyarakat, hingga pendamping profesional di desa”. lanjut Bripka Rio Asmar Bhabin Kamtibmas pancur jaya.

“Selain itu juga harus bermitra dengan Bhabin kamtibmas dan Babinsa, karena merupakan bagian dari satu kesatuan yang penting untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Ucapnya.

Selain dari melakukan monitoring dan pemantauan, Relawan desa juga mengecek kepada seluruh pengusaha Kedai/warung untuk menyediakan tempat cuci tangan dan sabun.

Pencegahan perkumpulan warga di beberapa lokasi tempat penjualan tuak juga didatangi oleh Bhabin kamtibmas dan Tim relawan desa, “Mulai hari kami akan terus mengontrol lokasi ini, jika kedapatan kami melihat atau ada warga yang melaporkan saudara masih berjualan tuak dan mengumpulkan orang ramai, maka kami tidak akan memberikan toleransi lagi, semua yang berkumpul disini akan kami bawa ke kuasa hukum”, Tegas Bhabin Kamtibmas.

Hal ini perlu kami tegasi, karena dengan memandang situasi pandemi virus dan apalagi saat ini kita akan menyambut bulan suci ramadhan, sikap saling menghargai dan mengikuti aturan pemerintah untuk tidak berkumpul dengan sesuatu yang tidak bermanfaat harusnya menjadi pola fikir untuk diri kita sendiri. Sambungnya.

Saat ini pendataan akan terus dilakukan, dan bagi warga yang telah didata sebagai ODP di wilayah desa pancur jaya yang tidak mengikuti aturan untuk tetap di rumah dan tetap keluar rumah tanpa menggunakan masker maka akan diberikan teguran secara langsung baik oleh tim Relawan, maupun mitra desa melalui Bhabin Kamtibmas / Bhabinsa.

Untuk diketahui bersama, Saat ini pemerintah desa pancur jaya telah menyiapkan data prakerja untuk warga desa yang kehilangan pekerjaan akibat Covid-19 agar bisa di daftarkan dan data bantuan langsung tunai dari dana desa (BLT-DD) untuk warganya, untuk Pendata calon penerima BLT-DD adalah dari relawan desa yang telah menerima surat tugas oleh kepala desa, calon penerima BLT-DD adalah keluarga miskin (KK) yang terdapat dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang kehilangan mata pencaharaian, terdapat anggota keluarga kronis,/menahun, non PKH dan Non BPNT dan calon penerima BLT-DD harus memiliki Nomor induk kependudukan (NIK), Hal ini Sesuai dengan petunjuk teknis pendataan keluarga calon penerima BLT Dana Desa, dan peraturan mentri desa,pembangunan Daerah Tertinggal dan trasmigrasi Nomor 6 tahun 2020 tentang perubahan atas permendesa PDTT Nomor 11 tahun 2019 Tentang prioritas penggunaan Dana desa tahun 2020.

Usaha pemerintah desa Pancur Jaya untuk mengayomi warganya dalam memberikan pelayanan, melindungi dan memberikan kesejahteraan warga merupakan point utama, terutama di saat pandemi virus ini.

“Marilah kita semua berdoa semoga pandemi virus covid-19 ini segera berakhir, dan ayo mulai sekarang kita ikuti aturan dan anjuran pemerintah yang telah ditetapkan, Bersama mencegah penyebaran Covid di wilayah kita, jika bukan kita sapa lagi, klo bukan sekarang kapan lagi”. Ucap Waini,Keb salah salah satu bidan desa yang ikut serta dalam pemantauan ini.

 

#Teddy,St


Komentar Pembaca

Tulis Komentar