PEDULI KESEHATAN WARGANYA, KEPALA DESA PANCUR JAYA PANTAU WARGA ODP COVID-19

PEDULI KESEHATAN WARGANYA, KEPALA DESA PANCUR JAYA PANTAU WARGA ODP COVID-19


Website Resmi Desa Pancur Jaya,  Kepala desa pancur jaya Hasan Basri,ST bersama tenaga kesehatan dan Relawan desa lawan Covid-19 bersama-sama mendatangi ke tempat kediaman warga yang terdata sebagai orang dalam pantauan (ODP) Rabu (22/04/2020) pagi.

Diketahui, Adapun lokasi pemantauan kali ini yakni di wilayah dusun III, RT.07 dan di wilayah dusun IV, RT.12,  warga tersebut baru datang dari pekan baru dan baru pulang dai kota dumai.

Berhubung saat ini kedua kota tersebut sudah menjadi wilayah zona merah, maka setiap warga yang baru datang atau pulang dari tempat tersebut akan terdata sebagai orang dalam pantauan (ODP).

"Setiap warga yang datang dari wilayah zona merah seperti dumai dan pekan baru, maka kami akan mendatangi, dan melakukan test kesehatan”, ucap kades kepada seorang warga.

"Berhubung bapak saat ini telah terdata sebagai ODP, Maka Kami minta bapak untuk sementara waktu ini untuk tetap dirumah dengan melakukan isolasi mandiri, jika memerlukan bantuan silakan hubungi kepala dusun atau ketua RT, mereka siap membantu untuk keperluan bapak". Sambungnya.

“Selalu gunakan masker, mengurangi aktifitas di luar rumah,  hindari dari keramaian dan jaga jarak bersama anggota keluarga minimal 1 m, langkah yang kami lakukan ini adalah salah satu pencegahan dan memutus rantai penyebaran virus corona di wilayah kita, Jika ada gejala batuk, demam, atau flu jangan langsung datang ke RS, cepat hubungi kami, agar bisa diberikan penangan khusus, saya harap bapak bisa mengerti dengan situasi saat ini dan bisa bekerja sama. Tutur kades.

Berhubung kota dumai merupakan wilayah kota yang terhubung langsung melalui jalur laut dan sangat dekat dengan wilayah rupat, maka jumlah ODP diwilayah rupat tentunya akan semakin bertambah termasuk ODP dari desa pancur jaya.

Peran aktif Relawan desa lawan  Covid-19 desa pancur jaya, bagian pendataan dan bagian pemantauan setiap warga yang masuk, pada saat ini menurut data sudah semakin  bertambah, Kerja sama dan kesadaran kita, untuk saling menjaga satu dengan lainnya sangat dibutuhkan.

“Meski jumlah ODP kian bertambah tapi sampai detik ini belum ditemukan tanda-tanda atau pun warga yang terdeteksi positif  Corona, Namun kita harus tetap berjaga-jaga agar pandemi virus ini tidak tersebar di wilayah kita”, ucap Hasan Basri selaku penanggung jawab Relawan Covid-19 desa pancur jaya saat ditemui awak media.

Selain melakukan pemantauan, Kepala desa pancur jaya juga ikut mengawasi dan memberikan masker kepada setiap warga yang melewati di wilayah desa, serta memberikan masker kepada setiap warga pendatang di wilayah desa temasuk warga yang tinggal di area panglong arang meskipun mereka tidak memiliki kartu keluarga.

Mengurangi resiko tertularnya penyebaran covid-19 dengan menggunakan masker dan rajin mencuci tangan merupakan suatu himbauan pemerintah yang sudah wajib kita lakukan,  himbauan ini telah sering di sampaikan kepada setiap warga desa, tinggal kesadaran kita untuk menanggapi himbauan tersebut, karena menjaga kesehatan diri dan keluarga itu tergantung dari diri kita sendiri.

 

#Teddy,St


Komentar Pembaca

Tulis Komentar