RAPAT PEMBAHASAN APBDESP DESA PANCUR JAYA TAHUN 2020

RAPAT PEMBAHASAN APBDESP DESA PANCUR JAYA TAHUN 2020


Website Resmi Desa Pancur Jaya,  Pemerintah desa pancur jaya kecamatan rupat gelar rapat pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Desa Perubahan tahun 2020, Pelaksanaan rapat di gelar di Balai pertemuan desa. Kamis  (23/04/2020) pagi.

Rapat dihadiri oleh Hasan Basri,ST kepala desa pancur jaya, Mulia Asil Plt. Sekretaris desa, M.Nurzan Ketua BPD, Perangkat Desa, Kepala dusun, Ketua RT/RW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pendamping desa pembangunan, Tokoh Pemuda, Tokoh wanita,dan  Lembaga desa.

Dengan tetap menjaga protocol peraturan pemerintah untuk tetap menggunakan masker dan tidak berjabat tangan, Jumlah warga yang di undang tidak seramai seperti biasanya, yang di undang hanya tokoh perwakilan, hal ini dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 diwilayah desa dan agar bisa menjaga jarak.

Hasan Basri menjelaskan,  “Saat ini seluruh desa/kelurahan sekabupaten bengkalis mengalami defisit anggaran pendapatan, khusus di desa pancur jaya Perubahan terjadi pada Pendapatan Transfer baik dari Kabupaten, Provinsi, maupun dari Pusat”.

“Hal ini disebabkan karena Pandemi Covid-19 di Indonesia, Untuk penganggaran khususnya Dana Desa di desa pancur jaya pemerintah desa merubah kegiatan belanja desa seperti menghilangkan beberapa pembangunan dan beberapa kegiatan lainnya dengan mengutamakan kegiatan penanggulangan Covid-19. Pemerintah desa juga menganggarkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kepada warga yang kurang mampu dengan krateria Warga dengan pendapatan menengah kebawah, Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis, Wajib memiliki Kartu Keluarga (KK), warga tersebut tidak menerima bantuan PKH (NON PKH) Atau Bantuan Non Tunai (BPNT) yang kehilangan mata pencaharian, dan tidak memiliki kartu Prakerja," Ucap kades.

“ Hal ini Sesuai dengan dasar hukum, Peraturan menteri Desa PDTT No 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas peraturan menteri Desa, PDTT Nomor 11 Tahun 2019, tentang Prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2020”.

“Basis Pendataan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Dana Desa) dilakukan oleh Relawan Desa lawan Covid-19 dengan dibantu oleh Ketua RT/RW,Kepala Dusun dan Perangkat desa. Sambungnya

“Adapun Besaran BLT-Dana Desa yang akan diberikan adalah sebesar Rp.600.000 per bulan per keluarga yang diberikan selama 3 (tiga) bulan terhitung mulai  sejak April 2020”.

“Dana tersebut diharapkan mampu meringankan beban masyarakat akibat pandemic virus Covid-19 yang terjadi pada saat ini”. Tutup kades.

# Teddy, St


Komentar Pembaca

Tulis Komentar