Website Resmi Desa Pancur Jaya

Gambaran Umum Wilayah

Gambaran Umum  Wilayah

GEOGRAFIS

Desa Pancur Jaya berada dalam lingkup wilayah Kecamatan Rupat, secara de facto dan de jure termasuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bengkalis.Menurut letak geografis, Desa Pancur Jaya berbatasan dengan Desa Pangkalan Nyirih disebelah utara, Desa Parit Kebumen di sebelah selatan, Desa Dungun Baru disebelah Barat dan Desa Sungai Cingam  di sebelah timur. Berdasarkan posisinya tersebut, sebagian besar desa Pancur Jaya berada di pesisir pantai, hanya di bahagian selatan yang terletak di daratan

Desa Pancur Menurut Status Hukum sudah merupakan desa pemekaran dengan status definitif. Keberadaannya di tahun 2015 merupakan satu diantara 16 desa/kelurahan yang ada di kecamatan rupat. Luas wilayah Desa ini lebih kurang kebih 13 kilometer persegi atau sekitar 1, 4 % dari luas keseluruhan wilayah Kecamatan Rupat.

Jarak Lurus antara Desa Pancur Jaya dengan Ibukota Kecamatan Rupat yaitu 52 kilometer. Pusat pemerintahan kecamatan yang berada di Kelurahan Batupanjang tersebut dapat ditempuh menggunakan jalur darat.

Berdasarkan letak geografis, desa Pancur Jaya berada di pesisir timur pulau Rupat.Posisinya tepat berada di tepi Sungai Morong, dengan keadaan topografi dataran setinggi 2 meter di atas permukaan laut.

 

PEMERINTAHAN

Desa Pancur Jaya terbagi atas 4 dusun, yaitu dusun Kampung Tengah, Dusun Pancur, Dusun Putri Sembilan dan Dusun Sungai Raya, Menurut luas wilayah dusun, dusunII adalah dusun yang terbesar sedangkan dusun I merupakan dusun yang memiliki lingkup area terkecil.

Pada pembagian rukun warga (RW) dan rukun tetangga (RT), desa Pancur Jaya memiliki 4 RW dan 12 RT. RT 03 yang terletak di RW 01 merupakan kerukunan yang memiliki jumlah KK terbanyak sedangkan RT 01 yang terletak di RW 01 merupakan kerukunan yang memiliki jumlah KK terkecil.

Masing-masing dari pembagian wilayah tersebut juga telah ditempatkan perangkat desa yang bertugas mengatur pemerintahan dibawah kepala desa.Perangkat pemerintahan yang ada yaitu kepala dusun, ketua RW dan ketua RT yang dipilih secara langsung oleh warga yang berdomisili di masing-masing tempat.

 

 KEPENDUDUKAN

Jumlah penduduk Desa Pancur Jaya adalah1.434  jiwa, yang terdiri dari 727 jiwa adalah laki-laki dan 707 jiwa adalah perempuan. Pada perbandingan jumlah pria dan wanita tersebut, diperoleh sex rasio sebesar 102.Hal tersebut menunjukkan tidak adanya perbedaan yang sangat besar untuk komposisi jumlah penduduk laki-laki dan perempuan, karena dalam 100 orang perempuan terdapat 102 orang laki-laki.

Dengan luas wilayah Desa Pancur Jaya13 km² dan jumlah penduduknya 1.434jiwa, ternyata menghasilkan kepadatan penduduk sebesar 110, yang artinya dalam setiap 1 km² dihuni oleh sekitar 110orang. Akan tetapi kepadatan ini tidak merata di semua dusun. Dusun IImerupakan dusun terpadatdan dusun I adalah yang paling jarang penduduknya.

Berdasarkan kelompok umurnya, jumlah penduduk terbanyak di Desa Pancur berada di kelompok umur 5-9 tahun, diikuti oleh kelompok umur 10-14 tahun dan 0-4 tahun.

Desa Pancur Jaya mempunyai 360 jumlah Kepala keluarga dengan rata-rata jumlah anggota dalam keluarga adalah 4 orang.Jika dibandingkan dengan jumlah keluarga di seluruh Kecamatan Rupat, maka Desa Pancur Jaya berada pada nilai 3,76 persen.

 

SOSIAL

Desa Pancur Jayabelum memilikitaman kanak-kanak, SMP dan SMA maupun sekolah kejuruan.Desa Pancur Jaya baru memiliki 2 Sekolah Dasar dengan status 1 SD negeri dan 1 SD swasta.Jumlah murid di sekolah dasar tersebut yakni, 142 murid di SD negeri 15 dan 142 di SD swasta Ahmad Yani, jika dijumlahkan maka diperoleh jumlah murid keseluruhan 279 orang.Keberadaan guru di Desa Pancur Jaya belum lagi berimbang dengan jumlah murid. Guru yang ada berjumlah 13 orang, mengajar di SD negeri sebanyak 6 orang, sedangkan di SD swasta terdapat 7 tenaga pengajar.

Jika dibandingkan jumlah murid SD yaitu 279 orang dengan jumlah guru yakni 13 orang, maka diperolahrasio 21,46. Hal tersebut berarti bahwa setiap satu orang guru harus mengajar 21 orang siswa.Sebagaimana diungkapkan diawal bahwa perbandingan jumlah murid dan guru tersebut belum lagi ideal.Terlalu banyak murid yang harus dibimbing oleh seorang guru.

Selain dua buah sekolah dasar, Desa Pancur Jaya juga memiliki sebuah MDA.MDA tersebut memilik 46 orang siswa dan 6 orang tenaga pengajar. Jika dirasiokan maka diperoleh nilai 7,67, yang berarti setiap satu orang tenaga pengajar membimbing 7 orang siswa. Sebuah perbandingan yang cukup baik.

Untuk sarana kesehatan, Desa Pancur Jayamemiliki 1 Puskesmas Pembantu dengan tenaga kesehatannya sebanyak 3 orang,Jika ditinjau dari jumlah penduduk yang harus dilayani oleh masing-masing bidang kesehatan tersebut, tentunya belum lagi memadai baik itu dari kualitas maupun kuantitas sarana prasarana dan tenaga medis.Untuk sarana ibadah, Desa Pancur Jaya 1 mesjid, 1mushola, 2 gereja dan 1vihara/klenteng.

 

PERTANIAN

Padatahun 2015 luas panen tanaman padi ladang di Desa Pancur Jaya sekitar 00 ha, jagung 00 ha, ketelarambat 00 ha ketela pohon 00ha. Sedangkan produksi padi ladang 00 ton, jagung 00 ton, ketela rambat 0 ton, ketela pohon 00 ton.

Untuk tanaman sayuran, luas panen terluas adalah luas panen 0000000 yaitu 000000 ha, disusul oleh 00000 dan  000000 dengan luas panen masing-masing 000 ha dan 0000 ha. Sejalan dengan luas panennya, 00000 menghasilkan sayuran terbanyak dengan produksinya sebanyak 00000 ton, diikuti oleh 00000 ton dan 0000000, 0000 ton.

Tanaman buah-buahan dengan luas panen terluas di Desa Pancur Jaya adalah buah pisang dengan luas 0000 ha, diikuti oleh durian 0000 ha dan mangga 0000 ha. Sedangkan untuk produksinya, buah pisang menghasilkan buah terbanyak dengan produksi 000000 ton, diikuti oleh durian 00000 ton dan mangga 00000 ton.

Luas area tanaman perkebunan di Desa Pancur Jaya adalah  ha untuk karet, ha untuk kelapa sawit  0000 ha dan 000 ha untuk kelapa. Dengan produksinya 20ton karet, 11 ton kelapa sawit dan 00000  butir kelapa.

Jumlah populasi ternak besar dan sedang Desa Pancur Jaya adalah Sapi19ekor dan Kambing 3 ekor. Sedangkan untuk unggas, populasi terbanyak adalah ayam kampung 1760 ekor, itik 26 ekor dan  ayam 400 ras pedaging .Jumlah rumah tangga perikanan sampai akhir Desember 2014, terdapat 5 rumah tangga perikanan laut.

 

PERHUBUNGAN

Alat transportasi yang digunakan dalam wilayah desa Pancur Jaya kecamatan Rupat, menggunakan alat transportasi darat dan menggunakan alat transportasi air. Sedangkan untuk alat  transportasi antar desa/kelurahan, hampir semua Masyarakat menggunakan alat transportasi darat.

 

EKONOMI

Pada tahun 2015, terdapat 0000 industri mikro yang tercatat, naik jika dibandingkan dengan tahun lalu. Serta terdapat 5 toko/warung kelontong dan 00 warung/kedai makanan dan minuman.

Jumlah koperasi yang terdaftar di Desa Pancur Jaya adalah 0000 KUD dan 1 (satu) non KUD, dengan jumlah anggotanya masing-masing 225 dan 15 orang. Jumlah simpanan anggota koperasi yang terdaftar adalah Rp 0.000 untuk KUD dan Rp .000.000 untuk non KUD.

 

KEUANGAN DAN SUMBER PANDAPATAN

Keuangan dan sumber pendapatan desa berasal dari Alokasi Dana Desa, Swadaya yakni partisipasi dan gotong royong masyarakat, bagian dari hasil pajak daerah, bantuan keuangan dari APBD Provinsi dan banyua keuangan dari APBD Kabupaten Bengkalis.

 

KEAMANAN DESA

Desa Pancur Jaya, hingga saat ini dalam keadaan suasana kondusif dan aman, namun demikian aparat keamanan juga tersedia, yakni 1 personil dari Babinsa, 1 Personil dari Babinkantibmas, dan juga ada pertahanan Sipil Perlindungan Masyarakat serta Forum Kemitraan Polisi Masyarakat.

 

KEAGAMAAN

Masyarakat Desa Pancur Jaya meyakini adanya tuhan Yang Maha Esa, dari jumlah penduduk tersebut mereka ada yang berkeyakinan agama Islam, Budha , Kristen Protestan,dan kristen khatolik.

 

SARANA OLAH RAGA / KESENIAN

Untuk menunjang kegiatan kepemudaan dan masyarakat, desa Pancur Jaya memiliki sarana olahraga yakni Lapangan Bola kaki 00000 unit, Lapangan Volibal 4Unit, Rebana 1 Grup, Kompang 1 Grup.