Website Resmi Desa Pancur Jaya

Kependudukan

Jumlah penduduk Desa Pancur Jaya adalah 1.434  jiwa, yang terdiri dari 727 jiwa adalah laki-laki dan 707 jiwa adalah perempuan. Pada perbandingan jumlah pria dan wanita tersebut, diperoleh sex rasio sebesar 102. Hal tersebut menunjukkan tidak adanya perbedaan yang sangat besar untuk komposisi jumlah penduduk laki-laki dan perempuan, karena dalam 100 orang perempuan terdapat 102 orang laki-laki.

Dengan luas wilayah Desa Pancur Jaya 13 km² dan jumlah penduduknya 1.434 jiwa, ternyata menghasilkan kepadatan penduduk sebesar 110, yang artinya dalam setiap 1 km² dihuni oleh sekitar 110 orang. Akan tetapi kepadatan ini tidak merata di semua dusun. Dusun II merupakan dusun terpadat dan dusun I adalah yang paling jarang penduduknya.

Berdasarkan kelompok umurnya, jumlah penduduk terbanyak di Desa Pancur berada di kelompok umur 5-9 tahun, diikuti oleh kelompok umur 10-14 tahun dan 0-4 tahun.

Desa Pancur Jaya mempunyai 360 jumlah Kepala keluarga dengan rata-rata jumlah anggota dalam keluarga adalah 4 orang. Jika dibandingkan dengan jumlah keluarga di seluruh Kecamatan Rupat, maka Desa Pancur Jaya berada pada nilai 3,76 persen.