Website Resmi Desa Pancur Jaya

Sejarah

Sejarah

Desa Pancur Jaya berada dalam lingkup wilayah Kecamatan Rupat, secara de facto dan de jure termasuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bengkalis.Menurut letak geografis, Desa Pancur Jaya berbatasan dengan Desa Pangkalan Nyirih disebelah utara, Desa Parit Kebumen di sebelah selatan, Desa Dungun Baru disebelah Barat dan Desa Sungai Cingam  di sebelah timur. Berdasarkan posisinya tersebut, sebagian besar desa Pancur Jaya berada di pesisir pantai, hanya di bahagian selatan yang terletak di daratan

Desa Pancur Menurut Status Hukum sudah merupakan desa pemekaran dengan status definitif. Keberadaannya di tahun 2015 merupakan satu diantara 16 desa/kelurahan yang ada di kecamatan rupat. Luas wilayah Desa ini lebih kurang kebih 13 kilometer persegi atau sekitar 1, 4 % dari luas keseluruhan wilayah Kecamatan Rupat.

Jarak Lurus antara Desa Pancur Jaya dengan Ibukota Kecamatan Rupat yaitu 52 kilometer. Pusat pemerintahan kecamatan yang berada di Kelurahan Batupanjang tersebut dapat ditempuh menggunakan jalur darat.

Berdasarkan letak geografis, desa Pancur Jaya berada di pesisir timur pulau Rupat.Posisinya tepat berada di tepi Sungai Morong, dengan keadaan topografi dataran setinggi 2 meter di atas permukaan laut.

Desa Pancur Jaya terbagi atas 4 dusun, yaitu dusun Kampung Tengah, Dusun Pancur, Dusun Putri Sembilan dan Dusun Sungai Raya, Menurut luas wilayah dusun, dusunII adalah dusun yang terbesar sedangkan dusun I merupakan dusun yang memiliki lingkup area terkecil.

Pada pembagian rukun warga (RW) dan rukun tetangga (RT), desa Pancur Jaya memiliki 4 RW dan 12 RT. RT 03 yang terletak di RW 01 merupakan kerukunan yang memiliki jumlah KK terbanyak sedangkan RT 01 yang terletak di RW 01 merupakan kerukunan yang memiliki jumlah KK terkecil.

Masing-masing dari pembagian wilayah tersebut juga telah ditempatkan perangkat desa yang bertugas mengatur pemerintahan dibawah kepala desa.Perangkat pemerintahan yang ada yaitu kepala dusun, ketua RW dan ketua RT yang dipilih secara langsung oleh warga yang berdomisili di masing-masing tempat.