Desa Pancur Jaya Bersama TP PKK Gelar Pelatihan Pengelolaan Pupuk Organik Melalui Dana Bermasa

Desa Pancur Jaya Bersama TP PKK Gelar Pelatihan Pengelolaan Pupuk Organik Melalui Dana Bermasa

Foto : Pelatihan Perempuan Desa dengan Keterlibatan 10 Program PKK (24/10/2022)


Website Resmi Desa Pancur Jaya, Desa Pancur Jaya Melalui Program PKK gelar Pelatihan PKK meningkatkan kemampuan administrasi dan pengelolaan pupuk untuk tanaman, Pelatihan Perempuan desa dengan keterlibatan 10 Program PKK desa.

Acara dilaksanakan dibalai pertemuan desa, Pelatihan ini bersumber dari dana bermasa tahun 2022, dengan di hadiri kepala desa pancur jaya yang diwakili oleh sekretaris desa fery permana, dr. Nelya Sasmita Ketua Tim Penggerak PKK Pancur Jaya, Herlina, Amd Pendamping Pembangunan, Afrizal, S Pd Fasilitator Pemberdayaan Koordinator Desa Pambangunan sebagai Nara sumber, Rendra diryanto Kaur Pembangunan, Sabsuandi, Amd Ketua BPD Pancur Jaya, Ketua Pokja serta 24 perwakilan dari dasawisma sedesa pancur jaya. Pagi, 24/10/2022.

Acara resmi dibuka oleh Kepala desa pancur jaya dengan diwakili oleh Sekretaris desa, dengan mengatakan “Program ini diharapkan kepada semua peserta yang hadir bisa memahami cara pembuatan pupuk tanaman organik di setiap pokja PKK Desa Pancur Jaya, dan bisa menerapkan di Setiap Pokja, serta meningkatkan kemampuan administrasi kegiatan PKK di setiap dasawisma.

Kami dari pemerintah desa pancur jaya juga mengapresiasi atas kinerja Ketua TP PKK bersama Anggota Pokja  dengan melibatkan Ketua RT, Kepala Dusun dan seluruh anggota dasawisma atas prestasinya dengan mendapatkan Juara 1 lomba Dasawisma tingkat kecamatan rupat tahun 2022, dan Juara 3 lomba PHBS, Semoga kinerja dan prestasi ini bisa terus dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi kedepannya.Ujar Sekdes.

Herlina,Amd pada kesempatannya mengatakan, Pelatihan yang kita gelar ini bersumber dari dana bermasa yang disalurkan ke desa-desa yang ada di kabupaten bengkalis sebanyak 1 Miliar untuk 1 desa, di dana bermasa tersebut terbagi 3 bagian, pertama pembangunan sebanyak 60 %, kedua Pemberdayaan sebanyak 32 %, dan yang ketiga sebanyak 8 % untuk Pembinaan dan Pengawasan.Tuturnya.

Acara kegiatan ini dilanjutkan dengan Penjelasan materi tentang pembuatan pupuk organic cair (POC) oleh Narasumber Afrizal, S Pd, serta Praktek langsung proses pembuatan pupuk dengan menggunakan sampah organic rumah tangga dengan dibantu oleh saudara Tedi Setiawan.

Dengan menggunakan media sampah rumah tangga seperti kulit pisang, cangkang telur, sisa potongan sayuran, kulit bawang,sisa nasi, daun-daun kering, daun-daun hijau, yang dicampur di dalam wadah dengan di siram menggunakan EM4 kita sudah bisa membuat pupuk organic yang bagus untuk tanaman Jelas Afrizal.

Acara di lanjut lagi dengan Pelatihan Administrasi PKK, yang didampingi langsung oleh  Narasumber dr. Nelya Sasamita Ketua Tim Penggerak PKK Pancur Jaya, hingga selesai.

Acara di akhiri dengan Penyerahan bantuan alat bahan praktek pembuatan pupuk organik, oleh Ketua TP PKK kepada 24 dasawisma.

 

Administrator : Teddy, St


Komentar Pembaca

Tulis Komentar